Senin, 06 Februari 2017

KUIS SIA 2




1.      Apa yang dimaksdu dengan SIA ? penjelasan harus meliputi komponen dari SIA dan tujuannya !
2.      Bagaimana SIA dapat menambah nilai untuk organisasi ?
3.      Dalam siklus pengolahan data, jelaskan istilah “sampah masuk, sampah keluar”. Bagaimana Anda mencegah hal ini terjadi !
4.      Jejak audit memungkinkan orang untuk menelusuri dokumen sumber ke dampak utamanya pada laporan keuangan atau menelusuri kembali dari laporan keuangan ke dokumen sumber. Jelaskan secara terinci jejak audit untuk hak berikut ini:
a. pembelian persediaan
b. penjualan persediaan
5.      Jelaskan pendekatan data berorientasi file dan pendekatan data base. Jelaskan keunggulan utama sistem data base !
6.      Apakah Anda percaya bahwa cara yang paling efektif untuk memperoleh keamanan sistem yang memadai adalah bergantung pada integritas karyawan perusahaan ? mengapa atau mengapa tidak ?
7.      Pemisahan tugas yang efektif terkadang tidak mungkin secara ekonomis untuk sebuah bisnis kecil. Untuk pengendalian internal apa yang menurut Anda dapat membantu mengalami ancaman ini ?
8.      COSO mengidentifikasi lima komponen pengendalian internal yang saling berhubungan. Jelaskan komponen tersebut !
9.      Apa yang dimaksud dengan siklus manajemen sumber daya manusia (msdm) ? penjelasan harus meliputi definisi dan tugas-tugas penting msdm !
10.   Salah satu aktivitas sistem buku besar adalah posting berbagai jurnal penyesuaian. Jelaskan lima kategori (lkelompok) jurnal penyesuaian tersebut !


1)    SIA adalah Suatu sistem yang mengumpulkan, mencatat, menyimpan, dan megolah data, untuk menghasilkan informasi bagi pengambil keputusan. Sistem ini meliputi orang, prosedur dan intruksi, data, perangkat lunak, infrastruktur teknologi informasi, serta pengendalian internal untuk keamanan.
2)    Dengan cara :
-meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk atau jasa
-meningkatkan efisiensi
-berbagi pengetahuan
-meningkatkan efisiensi dan efektivitas rantai pasokannya
-meningkatkan struktur pengendalian internal
-meningkatkan pengambilan keputusan
3)    Sampah masuk sampah keluar itu maksudnya adalah kalau data yang dimasukkan salah, maka hasilnya akan salah. Bila data yang dimasukkan benar, maka hasilnya akan benar. Cara mencegahnya yaitu tentu dengan penjadwalan kegiatan peginputan data dan mengembangkan prosedur rinci untuk seluruh aspek kegiatan penginputan.
4)    A. Pembelian persediaan :
-mengidentifikasi apa, kapan, dan berapa banyak untuk pembelian
-memilih pemasok                                                    -pesanan pembelian
-menyetujui faktur pemasok                                     -pengeluaran kas
B. Penjualan persediaan :
-mengambil pesanan pelanggan                              -persetujuan kredit
-mengecek ketersediaan persediaan                       -merespon permintaan pelanggan
-mengambil dan mengepak pesanan                       -mengirim pesanan
-penagihan faktur                                                       -pemeliharaan piutang
-penerimaan kas

5)    Keunggulan sistem database :
-integritas data : beberapa file induk digabungkan ke dalam kelompok-kelompok data besar atas yang diakses oleh banyak program aplikasi.
-pembagian data : database dapat dengan mudah dicari untuk meneliti permasalahan atau memperoleh informasi mendetail yang mendasari laporan.
-meminimalkan kelebihan dan inkonsistensi data : kelebihan dan inkonsistensi data dapat diminimalkan.
-independensi data : independensi data memudahkan dalam pemrograman dan penyederhanaan manajemen data.
-analisis lintas fungsional : digunakan dalam mempersiapkan laporan manajemen.
6)    Saya setuju, karena suatu perusahaan itu bagaikan suatu tim dalam suatu kompetisi. Pengukuran integritas pada seorang karyawan biasanya dilakukan dengan memperhatikan kinerjanya saat di lapangan, memberinya studi kasus yang berkaitan dengan pengukuran suatu integritas atau mewawancarainya secara formal dan non-formal.
7)    –kinerja = mencerminkan rasa tanggungjawab atas pelaksanaan kegiatan yang dijalankan.
–terpadu = usaha untuk mencapai keselarasan diantara semua bagian dalam organisasi sehingga tercipta suatu sinergi.
–berkesinambungan = bahwa terdapat tujuan masa depan yang ingin digapai oleh organisasi.
8)    –Lingkungan pengendalian = merupakan dasar unutuk semua komponen pengendalian intern, menyediakan disiplin dan struktur.
-Aktivitas pengendalian = kebijakan dan prosedur yang membantu menjamin bahwa arahan manajemen dilaksanakan.
-Penilaian resiko = identifikasi entitas dan analisis terhadap resiko yang relevan untuk mencapai tujuannya.
-Informasi dan komunikasi = pengidentifikasian, penangkapan, dan pertukaran informasi dalam suatu bentuk dan waktu yang memungkinkan orang melaksanakan tanggung jawab mereka.
-Pengawasan = proses yang menentukan kualitas kinerja pengendalian intern sepanjang waktu.
9)    Siklus manajemen sumber daya manusia adalah serangkaian aktivitas bisnis dan operasi pengolahan data terkait yang terus-menerus berhubungan dengan mengelola kemampuan pegawai secara efektif.
Sistem informasi sumber daya manusia mempunyai kegunaan mendasar yaitu otomatis dari sistem penggajian dan aktivitas tunjangan. Dengan sistem informasi sumber daya manusia, catatan waktu karyawan dimasukan ke dalam sistem, dan pengurangan yang sesuai karyawan lainnya akan tercermin dalam cek gaji akhir. Sebagai hasil dari pengembangan dan penerapan sistem informasi sumber daya manusia dalam banyak organisasi, beberapa fungsi penggajian telah dialihkan dari bagian akuntansi ke bagian sumber daya manusia. diatas aktivitas dasar ini, banyak aktivitas sumber daya manusia lainnya dapat diuntungkan dengan penggunaan sistem informasi sumber daya manusia.
10) -Accruals = jurnal yang dibuat pada akhir periode untuk mencatat transaksi yang telah terjadi namun belum dilakukan pembayaran atau belum ada penerimaan kas.
-Deferrals = jurnal yang dibuat pada akhir periode untuk mencatat transaksi perubahan status kas yang telah diterima tau dibayarkan sebelum jasa diberikan atau diterima.
-Estimates  = jurnal yang dibuat pada akhir periode untuk pencatatan transaksi biaya yang terjadi dalam beberapa periode akuntansi.
-Re-evaluations  = jurnal yang dibuat pada akhir periode untuk mencatat selisih antara angka yang tercatat dan angka dari hasil perhitungan fisik asset.
-Error corrections = jurnal yang dibuat pada akhir periode untuk mencatat koreksi kesalahan dalam rekening-rekening buku besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar